Senin, 26 Desember 2016

PESAWAT JATUH

Pesawat Jatuh

Jika ada pesawat jatuh dan menewaskan banyak manusia, tentu ada daun hikmah yang layak dipetik dari peristiwa tragis tersebut. Tentu ada kaca yang bisa dibuat cermin dari adegan memilukan tersebut. Tentu ada indzar yang bersemayam pada kejadian yang menyayat hati tersebut.

Pesawat adalah negara. Ekor, sayap. moncong dan seluruh mesin pesawat adalah alat negara bernama departemen, lembaga birokrasi dan institusi lainnya. Pilot adalah kepala negara bernama kaisar, presiden, raja, emir atau perdana menteri. Lalu penumpang adalah rakyat.

Maka jika pilot (kepala negara) tidak mampu mengemudikan pesawat (negara), karena ada kerusakan mesin atau ekor pesawat terbakar (departemen jadi sarang koruptor) maka pesawat akan jatuh (negara bangkrut), sehingga penumpang (rakyat) menjadi korban.

Walhasil yang kita lihat pesawat hancur berkeping dan terbakar sesungguhnya adalah pemandangan sebuah negara yang bangkrut dari segala bidang seperti ekonomi.politik sosial dan kebudayaan. Sedang mayat para penumpang sebenarnya produk dari bangkrutnya negara berupa korban narkoba, busung lapar, pengangguran, putus sekolah. kebodohan dan kemiskinan.

Jadi jika menyaksikan tragedi pesawat jatuh, boleh jadi kita sedang menyaksikan keadaan sebuah negara yang sedang bangkrut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar