Pengertian filsafat adalah hasil
pemikiran dan perenungan secara mendalam tentang sesuatu sampai keakar-akarnya.
Sesuatu disini dapat berarti terbatas dan dapat pula berarti tidak terbatas.
Bila berarti terbatas, filsafat membatasi diri akan hal tertentu saja. Bila
berarti tidak terbatas, filsaat membahas segala sesuatu yang ada didalam ini
yang sering dikatakan sebagai filsafat umum.
Sedangkan pengertian pendidikan adalah
segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin
perkembangan jasmani dan rohani kearah
kedewasaan.
Secara garis
besar pengertian pendidikan dpat dibagi menjadi tiga yaitu :
a. Pendidikan
Mendidik yang dilakukan oleh masyarakat umum.
Karna pendidikan ini sudah ada semenjak manusia ada di muka bumi ini. Pada
zaman purba, kebanyakan manusia memerlukan anak-anaknya secara insting atau
naluri, suatu sifat pembawaan, demi kelangsungan hidup keturunanya.
b. Teori umum pendidikan
Menurut john dewey pendidikan adalah The general theory education and Philoshophy
is the general theory of education, dan dia tidak membedakan fisafat pendidikan dengan teori pendidikan,
atau filsafat pendidikan sama dengan teori pendidikan. Sebab itu ia mengatakan
pendidikan adalah teori umum pendidikan.
c. Ilmu pendidikan
Ilmu pendidikan dibentuk
oleh sejumlah cabang ilmu yang terkait satu dengan yang lain membentuk suatu
kesatuan.
Jadi, filsafat pendidikan adalah hasil pemikiran dan
perenungan secara mendalam sampai keakar-akarnya mengenai pendidikan.
Hubungan korelasi filsafat pendidikan
Hubungan antara filsafat dan pendidikan terkait dengan persoalan logika,
yaitu : logika formal yang di bangun atas prinsif koherensi, dan logika
dialektis dibangun atas prinsip menerima
dan membolehkan kontradiksi. Hubungan interaktif antara filsafat dan pendidikan
berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan apa yang
disebut dengan filsafat pendidikan.
Adanya filsafat pendidikan itu supaya
mengetahui sebagai manusia jauh manusia dalam pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar