Senin, 19 Desember 2016

Filsafat Pendidikan




        Pengertian filsafat adalah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam tentang sesuatu sampai keakar-akarnya. Sesuatu disini dapat berarti terbatas dan dapat pula berarti tidak terbatas. Bila berarti terbatas, filsafat membatasi diri akan hal tertentu saja. Bila berarti tidak terbatas, filsaat membahas segala sesuatu yang ada didalam ini yang sering dikatakan sebagai filsafat umum.
       Sedangkan pengertian pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohani  kearah kedewasaan.
Secara garis besar pengertian pendidikan dpat dibagi menjadi tiga yaitu :
a.     Pendidikan
       Mendidik yang dilakukan oleh masyarakat umum. Karna pendidikan ini sudah ada semenjak manusia ada di muka bumi ini. Pada zaman purba, kebanyakan manusia memerlukan anak-anaknya secara insting atau naluri, suatu sifat pembawaan, demi kelangsungan hidup keturunanya.
b.     Teori umum pendidikan
       Menurut john dewey pendidikan adalah The general theory education and Philoshophy is the general theory of education, dan dia tidak membedakan  fisafat pendidikan dengan teori pendidikan, atau filsafat pendidikan sama dengan teori pendidikan. Sebab itu ia mengatakan pendidikan adalah teori umum pendidikan.
c.      Ilmu pendidikan
       Ilmu pendidikan dibentuk oleh sejumlah cabang ilmu yang terkait satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan.
Jadi, filsafat pendidikan adalah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam sampai keakar-akarnya mengenai pendidikan.
Hubungan korelasi filsafat pendidikan
    Hubungan antara filsafat dan pendidikan terkait dengan persoalan logika, yaitu : logika formal yang di bangun atas prinsif koherensi, dan logika dialektis  dibangun atas prinsip menerima dan membolehkan kontradiksi. Hubungan interaktif antara filsafat dan pendidikan berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan apa yang disebut dengan filsafat pendidikan.

Adanya filsafat pendidikan itu supaya mengetahui sebagai manusia jauh manusia dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar