STRATEGI
MENGELOLA KELAS YANG EFEKTIF
A. Pengertian
Pengelolaan Kelas
Definisi pengelolaan kelas yang dipetik dari informasi pendidikan
nasional bahwa ada lima definisi pengelolaan kelas, sebagaimana berikut ini.
1. Pengelolaan
kelas yang bersifat otoritatif, yakni seperangkat kegiatan guru untuk
menciptakan dan memertahankan ketertiban suasana kelas, disiplin sangat
diutamakan.
2. Pengelolaan
kelas yang bersifat permisif, yakni pandangan ini menekankan bahwa tugas guru
adalah memaksimalkan perwujudan kebebasan siswa.
3. Pengelolaan
yang berdasarkan prinsip-prinsip perubahan tingkah laku (behavioral modification), yaitu seperangkat kegiatan guru untuk
mengembangkan tingkah laku siswa yang diinginkan dan mengurangi atau meniadakan
tingkah laku yang diinginkan
4. Pengelolaan
kelas sebagai proses penciptaan iklim sosio-emosional yang positif di dalam
kelas.
5. Pengelolaan
kelas yang bertolak dari anggapan bahwa kelas merupakan system sosial dengan
proses kelompok (group process) sebagai intinya.
B. Tujuan
Pengelolaan Kelas yang Efektif
Tujuan pengelolaan kelas adalah penyedian fasilitas bagi macam-macam
kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual
dalam kelas. Adapun tujuan secara umum dari pengelolaan kelas adalah sebagai
berikut.
1. Agar
pengajaran dapat dilakukan secara maksimal, sehingga tujuan pengajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien.
2. Untuk
memberikan kemudahan dalam usaha memantau kemajuan siswa dalam pelajarannya.
3. Untuk
memberikan kemudahan dalam mengangkat masalah-masalah penting untuk dibicarakan di kelas demi perbaikan
pengajaran pada masa mendatang.
Sedangkan tujuan pengelolaan kelas secara
khusus di bagi menjadi dua bagian sebagai berikut.
1. Tujuan
untuk Siswa
a. Mendorong
siswa untuk mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya dan
kebutuhan untuk mengontrol diri sendiri.
b. Membantu
siswa untuk mengetahui tingkah laku yang sesuai dengan tata tertib kelas dan memahami bahwa teguran
guru merupakan suatu peringatan dan bukan kemarahan.
c. Membangkitkan
rasa tanggung jawab untuk melibatkan diri dalam tugas maupun pada kegiatan yang
diadakan.
2. Tujuan
untuk Guru
a. Untuk
mengembangkan pemahaman dalam penyajian pelajaran dengan pembukaan yang lancar
dan kecepatan yang tepat.
b. Untuk
dapat menyadari akan kebutuhan siswa dan memiliki kemampuan dalam memberi
petunjuk secara jelas kepada siswa .
c. Untuk
mempelajari bagaimana merespons secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang
mengganggu.
d. Untuk
memiliki strategi remedial yang lebih komprehensif yang dapat digunakan dalam
hubungan dengan masalah tingkah laku siswa yang muncul di dalam kelas.
Jadi pengelolaan kelas adalah untuk
menciptakan kondisi di dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang
baik, yang memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya.
C. Masalah
dalam pengelolaan Kelas
Untuk dapat menangani masalah-masalah pengelolaan kelas secara efektif
guru harus mampu :
·
Mengenali secara tepat berbagai jenis
masalah pengelolaan kelas baik yang bersifat perorangan maupun kelompok;
·
Memahami pendekatan mana yang cocok dan
tidak cocok untuk jenis masalah tertentu;
·
Memilih dan menetapkan pendekatan yang
paling tepat untuk memecahkan maslah yang dimaksud.
Berikut adalah dua jenis masalah pengelolaan kelas.
1. Masalah
Individual
v Attention getting behaviors
v Power seeking behaviors
v Revenge seeking behaviors
v Helplessness (peragaan
ketidak mampuan)
2. Masalah
Kelompok
v Kurangnya
kekompakan
v Kekurang
mampuan mengikuti peraturan kelompok
v Reaksi
negative terhadap sesame anggota kelompok
v Penerimaan
kelas (kelompok) atas tingkah laku yang menyimpang
v Kegiatan
anggota atau kelompok yang menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan
v Ketiadaan
semangat
v Ketidak
mampuan menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan
Untuk mengatasi maslah
dalam pengelolaan kelas di atas, ada beberapa pendekatan berikut yang dapat
dilakukan.
1. Behavior Modification Approach
(Behaviorism Approach).
2. Socio-Emotional Climate Approach
(Humanistic Approach).
3. Proses pendekatan kelompok (group
Process Approach.
4. Pendekatan otoriter.
5. Pendekatan permisif
6. Pendekatan memberikan dan memberi
kebebasan.
D. Peran
Guru dalam Pengelolaan Kelas
Pada dasarnya, proses belajar mengajar merupakan inti dari proses
pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu factor
yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam
kelas. Adam Decey (dalam Usman, 2003) menegemukan peran guru dalam proses
belajar mengajar adalah sebagai berikut.
1. Guru
sebagai Demonstrator
2. Guru
sebagai Evaluator
3. Guru
sebagai Pengelolaan kelas.
4. Guru
sebagai Fasilitator
E. Keterampilan
Guru dalam Mengelola Kelas yang Efektif
Strategi pengelolaan kelas yang efekt juga dapat dilakukan beberapa
teknik sebagai berikut.
·
Teknik
mendekati
·
Teknik
memberikan isyarat
·
Teknik
mengadakan humor
·
Teknik
tidak mengacuhkan
·
Teknik
yang keras
·
Teknik
mengadakan diskusi secara terbuka
·
Teknik
memberikan penjelasan tentang prosedur
·
Mengadakan
analisis
·
Mengadakan
perubahan kegiatan
·
Teknik
menghimbau
Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari dalam
pengelolaan kelas.
· Campur tangan yang berlebihan
· Kelenyapan
· Ketidaktepatan memulai dan
mengakhiri kegiatan
· Penyimpangan
· Bertele-tele
· Hal ini merupakan hambatan kemajuan
pelajaran atau aktivitas kelas
· Pengulangan penjelasan yang tidak
perlu.
Di samping itu, strategi yang harus diperhatikan
dalam mengelola kelas yang efektif adalah sebagai berikut.
v Memulai
pelajaran tepat waktu
v Menata
tempat duduk yang tepat dengan cara menyelaraskan antara format dan tujuan
pengajaran.
v Mengatasi
gangguan dari luar kelas
v Menetapkan
aturan dan prosedur dengan jelas dan dapat dilaksanakan dengan konsisten
v Peralihan
yang mulus antar segmen pelajaran.
v Siswa
yang berbicara pada saat proses belajar mengajar berlangsung
v Pemberian
perkerjaan rumah
v Mempertahankan
momentum selama pelajaran
v Downtime, kelebihan
waktu yang dimiliki oleh siswa pada saat melakukan tugas-tugas dalam proses
belajar mengajar
v Mengakhiri
pelajaran
Dapat disimpulkan,
pengelolaan kelas adalah berbagai jenis kegiatan yang dengan sengaja dilakukan
oleh guru dengan tujuan menciptakan kondisi optimal bagi terjadinya proses
belajar mengajar di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar